Saturday, March 17, 2018

E-Commerce Raksasa : Studi Kasus Alibaba.com

Image result for alibaba

Alibaba.com merupkan topik E-commerce yang panas untuk para investor karena sudah terbukti menjadi salah satu E-Commerce (business to business) B2B China terkemuka didunia. Alibaba Group didirikan pada tahun 1999 di HangZhou oleh Yun Ma (Jack Ma) yang bercita - cita untuk membantu membuat internet bisa terjangkau, dapat dipercaya, dan bisa bermanfaat bagi semua orang. Alibaba telah membangun hubungan yang kuat antara usaha kecil menengah (UKM) di Cina dan pembeli luar negeri dengan cakupan pasar yang tak terbatas dengan menyediakan layanan berkualitas tinggi dan harga yang kompetitif. Kumpulan bisnis yang dimiliki Alibaba Group saat ini meliputi alibaba.com, Taobao market place, TMall, Etao, Alibaba Cloud Computing, AliPay, dan Yahoo China yang saat ini memiliki 30 juta lebih pengguna di 240 negara. Pada awalnya nilai yang ditawarkan oleh alibaba adalah untuk memepermudah melakukan bisnis pada UKM di China nilai tersebut dilakukan Alibaba dengan memberikan layanan iklan pay per click bagi membernya yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk baru atau bisnis yang sedang dibangun, selain itu Alibaba juga menyediakan layanan evaluasi pasar yang diberikan pada penjual agar bisa meramalkan permintaan bisnis mereka dengan hanya mengenakan biaya member yang murah. Branding image dengan nama alibaba juga merupakan salah satu strategi yang dibuat karena kata alibaba adalah kata yang mudah diucap hampir di seluruh dunia dan merupakan nama tokoh yang terkenal dari cerita one thousand and one night.

Referensi:
Yazdanifard R., dkk., 2014, The Review of Alibaba’s Online Business Marketing Strategies Which Navigate them to Present Success. Global journal of management and business research: E-marketing


0 comments:

Post a Comment