Monday, March 19, 2018

Knowledge Management (Manajemen Ilmu pengetahuan) Pada Sektor Jasa Perbankan Malaysia

Image result

Hasil implementasi Knowledge Management (KM) dapat membuat bank lokal di Malaysia untuk kompetitif dan dalam keadaan siap menghadapi tantangan ditengah liberalisasi keuangan. Faktor-faktor yang merangsang praktik KM juga bisa menjadi dasar untuk beralih menjadi layanan yang berorientasi pada ilmu pengetahuan yang akhirnya mempercepat terbentuknya masyarakat berpengetahuan dan perwujudan K-Ekonomi sebagaimana dituangkan dalam Visi Malaysia 2020. Manfaat yang juga alasan perbankan Malaysia melakukan dikarenakan KM dapat meningkatkan pertukaran/sharing informasi, efisiensi, dan transfer ilmu pengetahuan. Lalu KM juga bermanfaat untuk melindungi pengetahuan karena hilangnya pegawai dan melatih pekerja untuk bisa mencapai tujuan organisasi. KM juga dapat meningkatkan inovasi dan konpetensi pada karyawan. Manfaat lain yang didapat yaitu melindungi pengetahuan yang dimiliki organisasi, memfasilitasi kolaborasi kerjatim, mendorong sharing pengetahuan dengan pelanggan, meningkatkan potensi pasar dan membuat produk beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan, meningkatkan fleksibilitas produk dan inovasi, meningkatkan pengetahuan pada organisasi melalui sumber-sember yang luas serta mencegah adanya duplikasi dalam penelitian dan pengembangan organisasi, dan yang terakhir meningkatkan partisipasi staff dalam kegiatan kerja.

Referensi:
Ali M.H. dan Zawiyah M.Y. 2004. Knowledge Management in Malaysian Banks: a study of causes and effects. Sage Publication

Link:

0 comments:

Post a Comment